MAAF…. DI SINI ORANG KAYA TIDAK DITERIMA


Sebagai kantor yang menyandang nama Lembaga Bantuan Hukum (LBH), jelas kantor gue adalah kantor yang memang konsern untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat miskin, yang memang secara finansial tidak bisa membayar jasa pengacara. Hal tersebut juga sesuai dengan yang telah diamanat kan oleh undang-undang.
Bantuan Hukum yang disediakan oleh kantor gue juga bermacam-macam. Mulai dari pendampingan hukum di luar maupun di dalam pengadilan sampai hanya sekedar konsultasi hukum, dan jelas kesemuanya gratis 100%. Secara umum, kantor gue terbuka untuk semua orang dalam hal untuk mendapatkan konsultas hukum, namun untuk lebih dari sekedar konsultasi hukum, kantor gue memberikan syarat-syarat tertentu. Dalam kata lain untuk menjadi klien di kantor gue harus orang yang benar-benar miskin,sehingga kantor gue mewajibkan calon klien untuk menunjukkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan.
Mengingat kantor gue terbuka untuk semua orang dalam hal konsultasi hukum, tak jarang yang datang adalah orang-orang menengah atas dengan mengendarai mobil pribadi. Bahkan ada beberapa orang yang datang dengan mengendarai mobil yang tergolong cukup mewah. Tentu sebatas konsultasi masih kami layani, namun di akhir konsultasi kami kembali mengingatkan bahwa untuk menjadi klien kami harus orang miskin.
Dari pengalaman gue, beberapa kali gue menerima konsultasi dengan orang yang dapat digolongkan menengah ke atas. Setiap kali gue menjelaskan tentang syarat-syarat menjadi klien kami, ada beberapa yang mengerti. Namun tak jarang juga ada yang ngotot untuk kita tangani dengan alasan mereka “merasa” sebagai orang miskin.
Bahkan tololnya lagi, tanpa malu-malu mereka dengan mengendarai mobil pribadi datang ke kantor dan menunjukkan surat keterangan tidak mampu. Gue jadi bingung, ternyata birokrasi sekarang kerjanya cukup cepat, sanking cepatnya orang mampu pun bisa mendapatkan surat keterangan tidak mampu.
Si calon klien merasa dengan dia menunjukkan surat keterangan tidak mampu, secara otomatis kami akan menerima dia sebagai klien kami. Tampaknya dia tidak menyadari bahwa di gedung kantor kami berkumpul puluhan lawyer muda yang roh perbantahannya cukup tinggi. Mungkin dia mengira dapat mengecoh kami hanya dengan selembar kertas. Buaya mau dikadalin.
Tentu saja tidak segampang itu. Ini Indonesia bung, orang kaya pun bisa mengaku miskin, dan orang miskin bertingkah seolah-olah orang kaya. Tak perlu jadi jenius, dan tak perlu capek-capek datang melakukan survey ke rumah si calon klien, dengan melihat tampilannya pun kami sudah dapat menetukan jawaban.
Terkadang saya bingung, melihat orang-orang yang begitu ngotot untuk mendapatkan bantuan hukum gratis dari LBH-LBH seperti kantor gue. Dan gue yakin, kejadian seperti ini tak hanya dialami oleh kantor gue, tapi kantor LBH lain mungkin saja punya pengalaman serupa.
Gue lebih menghargai orang-orang yang ketika kita beri pengertian dan langsung tahu diri. Sebagai contoh, ada juga seorang klien, yang datang konsultasi dan kebetulan gue yang terima. Setelah konsultasi dia meminta pendampingan hukum dari kantor gue. Kemudian gue jelasin syaratnya, dan dia mengerti sambil berkata,
“Wah sayang sekali saya tidak bisa didampingi ya. Memang kalau mengurus SKTM saya tidak mungkin, karena saya masih mampu. Namun sebenarnya saya datang ke sini karena saya percaya dengan track record kantor bapak. Apa tidak ada alternatif lain? Mungkin saya bisa membayar biayanya.”
Namun karena kantor gue memang murni adalah Lembaga Bantuan Hukum, dengan halus gue tetap menolak permintaan si calon klien. Paling alternatif yang bisa gue tawarkan ke mereka adalah merekomendasikan mereka ke kantor-kantor komersil milik alumni-alumni dari kantor gue.
Pelajaran yang dapat gue ambil dari kasus-kasus seperti ini adalah, sering kali orang bertindak egois untuk memaksakan keinginannya, walaupun terkadang harus berbohong pada orang lain dan diri sendiri. Realitanya banyak sekali orang-orang seperti itu di sekitar kita, yang merasa hidupnya lebih susah dari orang lain.
Gue selalu mengingatkan ke orang-orang yang seperti itu, jangan pernah mengingkari apa yang telah dimilikinya, karena gue selalu percaya ada kuasa dalam setiap ucapan. Jika kita bilang tidak mampu padahal kenyataannya mampu, bisa saja akhirnya kita akan jatuh karena ucapan kita sendiri. Ada sebuah kutipan dari ayat Alkitab di atas pintu keluar kantor gue, yang isinya, “Pulanglah, jadilah seperti yang kau percaya.”

The Stress Lawyer

Penulis adalah seorang lawyer muda di Jakarta, punya cita-cita menjadi seorang akademi dan terkadang tersesat dalam imajinasi sendiri.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Abdul berkata:

    Fatimah malik ar’asy…ayah fatimah adalah keluarga saud.keluarga saud adalah keluarga kerajaan saudi arabia.raja saudi arabia juga dari keluarga saud…..fatimah nikah di istana bogor….ada yang memalsu fatimah serta mengambil harta dan hak haknya……fatimah di rampok lalu suaminya hasan di bawA lari oleh para perampok itu selama 4 tahun.saat di temukan hasan telah tewas di mutilasi oleh para perampok itu..2,5 tAhun setelah hasan di kubur ada orang yang mengaku sebagai hasan lalu di sahihkan secara sepihak oleh keluarga hasan.tapi fatimah tidak percaya.fAtimah tetap yakin hasan yang dulu di kubur adalah hasan yang asli.fatimah lalu malah kabur dAri rumah selama 25 tahun…ternyata keluarga hasan jahat.mereka ternyata memunculkan hasan palsu untuk mengambil harta fAtimah yang di bekukan jepang tahun 1942 dan untuk mengambil rumah/tanah fatimah…….Saya sangat berharap agar keturunan fatimah dapat di pertemukan dengan raja saudi arabia yang akan datang ke indonesia pada 1 maret nanti.yang menyusun agenda dan acara beliau selama di indonesia adalah kementrian luar negeri.jadi saya harap bantuan saudara2 agar mendesak pihak kemlu agar mempertemukan keturunan fatimah dengan raja saudi arabia…kasus fatimah sudah di laporkan pada un indonesia,hrwg indonesia,kemlu,kepolisian dan sedang di proses di komnasham,komsi 2 DPR RI DLL.contoh DNA keturunan fatimah juga ada pada komnasham,DPR RI DLL…trims…kAsusnya fatimah dapat di lihat di http://www.abdulmalikcipinang.wordpress.com selain itu saya juga butuh bantuan dana untuk kasus fatimah.dapat di kirim ke alamat fatimah yang tertulis di web.trims..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *