REVIEW TERHADAP WEBSITE SEORANG KAWAN

 Jika dahulu media untuk menuliskan suatu pemikiran hanya dimonopoli oleh media cetak, maka sekarang tampaknya dominasi itu tak lagi 100% benar. Dalam perkembangan jaman yang kian pesat ini, setiap orang dapat menyampaikan isi otaknya di dalam sebuah halaman blog/web, yang kemudian dalam hitungan detik dapat diakses seluruh dunia.

Seorang kawan yang dulu pernah aktif dalam kegiatan blogging pada masa kuliah dulu, meminta saya untuk memberikan sebuah review atau masukan atas halaman web yang baru dibangunnya dalam 2 bulan terakhir ini (http://kekitaan.com). Sebagai seorang blogger yang meskipun belum dapat dikatakan berpengalaman, tentu dengan senang hati saya menerima tawaran tersebut.
Mungkin bukan sebuah review yang diberikan seorang profesional, hanya ulasan singkat dari seorang penikmat media internet dan kawan yang tertarik. Dan inilah pendapat yang dapat saya berikan setelah beberapa hari membaca beberapa postingan dari web tersebut.
1.       DOMAIN
Kawan tersebut mengarahkan saya untuk mengakses halaman websitenya di http://kekitaan.com/. Si owner dalam hal ini menggunakan domain pribadi, yang tidak terintegrasi dengan blogspot, wordpress atau penyedia domain gratis lainnya. Hal tersebut menunjukkan sisi profesionalisme yang hendak ditunjukkan web tersebut.
Kemudian saya cukup tertarik pertama kali mendengar nama alamat website tersebut. Tentu saja, namanya yang cukup unik menurut saya, walaupun secara gramatikal terasa janggal penyebutannya. Dan sejauh ini saya belum tahu inspirasi dari si owner untuk memberikan nama tersebut. Namun, justru karena unik dan jarang di dengar, maka web ini menurut saya memiliki nilai originalitas, yang mana nilai ini menurut saya poin penting dalam membangun sebuah media yang memiliki nilai jual.
2.       TOPIK
Dalam hal ini, ada beberapa poin yang penting untuk saya simak. Dalam pengenalan web, si owner menjelaskan bahwa web ini memuat 3 (tiga) topik utama, yaitu Hukum, Sosial dan Bisnis. Dengan mengusung 3 tema yang telah saya sebutkan di atas, membuat web ini belum fokus pada satu tujuan, karena terjadi kebiasan dalam ketiganya. Alangkah baiknya jika situs ini fokus pada satu bidang, dengan mengusung beberapa tema. Misalnya, detik.com. fokus pada bidang pemberitaan dengan topik meliputi, politik, hukum, ekonomi dan lain sebagainya.
3.       KONTEN
Hal ini menjadi menarik, karena di satu sisi juga owner menyampaikan bahwa web ini diperuntukkan sebagai media sosial, namun bagi saya pribadi, di bagian yang mana dari web tersebut yang berfungsi sebagai media sosial. Anggaplah seperti kompasiana.com., dalam hal ini, pemilik situs memberikan akses kepada umum untuk memiliki account dan dapat mengupload konten di situs tersebut, sehingga fungsi media sosialnya dapat terlihat. Namun sejauh ini, saya belum menemukan fungsi tersebut dalam web “Kekitaan” ini, karena penyedia konten masih terfokus pada owner sendiri tanpa melibatkan pihak umum.
4.       TAMPILAN
Dari segi tampilan, web ini cukup menarik, hanya saja tampaknya masih menggunakan template bawaan yang tersedia secara gratis di WordPress, sehingga sepintas web ini tak jauh berbeda dengan personal blog pada umumnya. Alangkah lebih baiknya jika owner menggunakan template yang lebih profesional, misalnya dengan menggunakan template premium atau design sendiri.
Namun secara keseluruhan, saya sendiri berpendapat bahwa web “Kekitaan” ini sudah menunjukkan sebuah progresivitas menuju sebuah website yang lebih profesional. Terkait beberapa catatan saya di atas, tentu adalah pendapat umum yang tidak bisa dijadikan acuan sebagai sebuah pendapat seorang webmaster. Dan tentu saja, hal tersebut dapat dimaklumi juga, mengingat usia web ini baru 2 bulan, sehingga pengembangannya masih akan berlajut.

The Stress Lawyer

Penulis adalah seorang lawyer muda di Jakarta, punya cita-cita menjadi seorang akademi dan terkadang tersesat dalam imajinasi sendiri.

Mungkin Anda juga menyukai

4 Respon

  1. Kita/ berkata:

    Mauliate
    Terimakasih atas reviewnya Bang.
    Semoga jadi masukan untuk perbaikan kedepan.
    Sukses untuk kita
    Horas. Kita/

  2. Sama2 Mer… kita bukanlah profesional di bidang web dan IT. Kita hanya orang2 nekat yang belajar dari rasa ingin tahu, tanpa menyinggung orang lain. Tetap semangat. Ditunggu masukan2 berharga mu di blog ini…

  3. Suriady Harianja berkata:

    boleh lah awak di cek juga. hahaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *