BIAYA JASA PENGACARA

Sumber Gambar: www.myxlaw.com

Mungkin sebagian orang sudah ter mainset bahwa menggunakan jasa pengacara/lawyer harus mengeluarkan banyak uang. Sehingga banyak orang, sudah menyerah terlebih dahulu sebelum mencoba untuk menggunakan jasa lawyer.

Untuk biaya penggunaan jasa lawyer (lawyer fee), sebenarnya tidak lah se horror yang orang-orang pikirkan. Bagi kantor lawyer yang komersil memang segala biaya penanganan perkara akan ditagihkan kepada klien. Hal ini berbeda dengan Lembaga Bantuan Hukum yang memang memberikan bantuan hukum secara gratis. Namun untuk menggunakan jasa Lembaga Bantuan Hukum tidak semua orang dapat mengaksesnya, karena hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak mampu secara finansial (Baca: MAAF DI SINI ORANG KAYA TIDAK DITERIMA).

Ok, mungkin sering orang dengar, menggunakan jasa pengacara X minimal 1 miliar, pengacara Y minimal 500 juta. Sebenarnya tidak lah seperti itu. Sebuah kantor hukum profesional dalam menentukan biaya jasa pengacara akan mempertimbangkan beberapa aspek. Yang pertama adalah nilai perkara, yang kedua tingkat kerumitan perkara, dan yang ketika tempat perkara yang akan ditangani.

Untuk perkara yang demikian, jasa pengacara ini akan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu jasa pengacara itu sendiri, biaya operasional dan success fee (biaya keberhasilan).

Untuk jasa pengacara sederhananya bisa disebutkan sebagai “gaji lawyer” dalam menangani perkara ini, yang nantinya akan dimasukkan dalam kas kantor dan uang jasa si lawyer yang menangani perkara. Kemudian biaya operasional adalah segala biaya yang muncul dalam perkara ini, misalnya biaya-biaya resmi pengadilan, transportasi dan akomodasi. Sementara success fee semacam reward yang diterima oleh si lawyer apabila memenangkan perkara tersebut.

Untuk mementukan besaran biaya jasa pengacara tersebut, pada umumnya akan ditentukan 10% – 20 % persen dari nilai perkara. Walaupun tidak menutup kemungkinan dikenakan lebih dari itu, dengan dasar pertimbangan tingkat kerumitan perkara tersebut.

Bagi pengalaman penulis sendiri, tak jarang calon klien bertanya, “kira-kira pasaran lawyer fee untuk perkara X berapa ya pak?”

Perlu diperhatikan, jasa pengacara dapat dikategorikan sebagai bisnis jasa, yang artinya nilai pasarannya tidak jelas. Setiap lawyer/pengacara memiliki standar masing-masing untuk menentukan besaran biaya jasa pengacara, walaupun pada umumnya menggunakan rumusan sebagaimana yang telah penulis sebutkan di atas.

Secara undang-undang dan kode etik pun tidak diberikan batasan maupun standar biaya penanganan perkara yang ideal. Karena jelas hal tersebut sangat mustahil. Dalam Undang-undang Advokat maupun Kode Etik Advokat Indonesia, hanya disebutkan bahwa dalam penanganan perkara Advokat menentukan honorarium secara proporsional.

Dengan tidak diaturnya batasan tersebut, maka setiap lawyer berhak menentukan sendiri biaya jasanya. Meskipun pada umumnya untuk lawyer di Jakarta dalam pengenaan biaya jasa pengacara menganut sistem perbayaran secara lump sum (dibayarkan secara tunai atau paket) dan sistem pembayaran berdasarkan jam (yang artinya klien akan membayarkan tangihan berdasarkan berapa jam waktu yang dikeluarkan si lawyer dalam menyelesaikan perkara tersebut).

The Stress Lawyer

Penulis adalah seorang lawyer muda di Jakarta, punya cita-cita menjadi seorang akademi dan terkadang tersesat dalam imajinasi sendiri.

Mungkin Anda juga menyukai

20 Respon

  1. jefrydco berkata:

    Hmm entah kenapa dari dulu tidak terlalu suka dengan hukum hehehe, tapi baru akhir2 ini sadar bahwa mengetahui hukum itu penting agar tidak mudah dibohongi kalau berurusan dengan hukum. :’)

  2. yuni berkata:

    kami sangat membutuh kn pengacara untuk menangani kasus percerean munkin kah tim lawyer bisa bntu

  3. rahmansyah berkata:

    mw menggunakan jasa lowyer tpi nanti dbayar klw loyerx mamou memenangkan kasus tersebut..

  4. winda berkata:

    Untuk buat memiri kasadi berapa tarifnya ya?

  5. doel rock berkata:

    nanya bos kalo kasus perbankan bisa

  6. Hamam berkata:

    Kalau untuk kasus pidana penganiayaan bisa ga boss trus berapa biayanya ya??

  7. Maha berkata:

    Kalau untuk menghadapi developer (di manado) yang udah 2 tahun sejak lunas gak ngasih” sertifikat, itu berapa ya dana yg harus disiapkan? Estimasi juga gpp, Thanks

    • The Stress Lawyer berkata:

      biasanya dikenakan 10% untuk fee di depan dan 10% succes fee, ditambah berupa biaya operasional yaitu tiket pesawat, penginapan dan transportasi selama di sana.

  8. Imah berkata:

    Memang lawyer bisa membantu untuk urusan pembuatan visa menika?
    Mohon bantu jawab…

    • The Stress Lawyer berkata:

      bisa saja selama lawyer yang bersangkutan bersedia untuk itu. Karena tidak semua lawyer mau memberikan jasa pengurusahan perizinan dan surat-surat

  9. Aris berkata:

    Pak. Saya kena phk sepihak oleh perusahaan dan tidak sesuai dengan pks. Mau gugat bisa?

  10. anonymous berkata:

    klo untuk kasus pidana narkoba..
    misal ada sodara tertangkap tangan bawa shabu 0.5 gram..itu tergantung kasus berat ato ringan??
    tapi beda pulau di balikpapan..
    kami d jkt..
    kasus seperti itu bisa slesai brp lama

    • The Stress Lawyer berkata:

      dalam undang-undang narkotika tidak dibedakan kasus berat dan ringan pak. untuk lama waktunya tidak ada ketentuannya, namun biasanya disesuaikan dengan jangka waktu penahanan, yaitu dari tingkat penyidikian sampai dengan kasasi kurang lebih 400 hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *