NILAI-NILAI HUKUM DEMOKRASI MODERN

NILAI-NILAI HUKUM DEMOKRASI MODERN

Pembebasan nilai-nilai hokum yang pokok dari demokrasi modern, dapat dikelompokkan ke dalam empat teori hukum :
1. Hak-hak hukum individu,
2. Persamaan di depan hukum
3. pengawasan pemerintah oleh rakyat.
4. ketentuan hukum.

HAK-HAK INDIVIDU
Evolusi individu sebagai ukuran akhir segala sesuatu dan pertimbangan-pertimbangan pemerintah dan kekuasaan, tidak sebagai hak pemberian Tuhan atau tujuan dalam dirinya sendiri. Tetapi konsep mengenai masyarakat yang berlandaskan hak-hak yang berlandaskan hak-hak yang sudah ditentukan dari masing-masing warga, adalah relative modern yang dikembangkan dengan reaksi, pertama terhadap pemerintahan yang absolute dari Negara modern abad ketujuh belas dan abad kedelapan belas.
Kecenderungan pemikiran Locke mendalilkan hak-hak khusus individu yang tidak dapat diganggu gugat: integritas kehidupan, kebebasan pribadi dan hak milik. Hak bukan kewajiban ditegaskan dan juga individu sebagai satu kesatuan. Tetapi kecenderungan baru telah memodifikasi individualisme yang tak kenal kompromi. Konstitusi Amerika Serikat memberikan tekanan kuat atas hak-hak individu yang menghasilkan arti yang mendalam bagi perkembangan social dan hokum di Amerika.
Hak individu berangsur-angsur dikurangi oleh kewajiban social. Demokrasi tidak menerima penghapusan hak-hak; tidak mengakui dalil Comte dan Duguit. Tetapi masyarakat demokrasi pada umumnya menerima, walaupun tidak sama kecepatan dan intensitasnya, prinsip kewajiban social sebagai hak individu yang terbatas.

KEBEBASAN BERKONTRAK
Penerapan prinsip Bentham menyebabkan perubahan secara bertahap dalam kebebasan individu untuk mengadakan kontrak. Negara membuat undang-undang untuk melindungi dan melekatkan pada kontrak individu kewajiban-kewajiban yang ditetapkan dengan undang-undang. Di bidang-bidang tertentu, pengadilan-pengadilan di Amerika telah berusaha untuk menghalangi ketidaksamaan dengan tetap pada pendirian bahwa pihak yang dalam praktek melakukan monopoli di bidang tertentu. Tetapi ketentuan hokum ini tampaknya terbatas pada perusahaan-perusahaan umum dan asuransi yang diwajibkan. Pengawasan semacam itu, kalau ada, datang dari hukum publik dalam bentuk tingkatan-tingkatan menurut undang-undang, pengadilan-pengadilan administratif dan kekangan-kekangan lain terhadap pihak yang lebih kuat dalam menentukan syarat-syarat bagi yang lebih lemah.

KEBEBASAN BEKERJA DAN BERSERIKAT
Mula-mula kebebasan berkontrak merupakan emansipasi buruh dari kekangan-kekangan status, tetapi kalau kebebasan berkontrak, yang disebabkan oleh ketidaksederajatan kedudukan dalam berunding, bertentangan dengan kebebasan bekerja. Pada pandangan pertama, yang disebut duluan, sah dan yang disebut belakangan tidak sah. Apabila kelompok-kelompok organisasi-organisasi majikan dan buruh yang memperoleh posisi monopoli yang bertambah kuat maka derajat kebebasan berkontrak individu menjadi berkurang. Dalam UU baru “Asuransi Nasional Inggris,” yang meliputi tanggung jawab negara atas pengangguran.
Di Amerika Serikat, serikat kerja yang menurut pilihan yang diatur oleh Dewan Nasional mengenai hubungan-hubungan perburuhan, yang dapat berbicara untuk sebagian besar buruh industri itu, sampai waktu belakangan diberi hak untuk mengadakan kontrak kolektif untuk semua buruh, baik anggota maupun bukan. Konstitusi Soviet (Pasal 118, konstitusi tahun 1936) meliputi, hak untuk bekerja, yakni hak agar terjamin dalam pekerjaannya sesuai dengan kuantitas dan kualitas. Di Amerika prinsip tanggung jawab Negara mengenai pekerjaan diterima dengan enggan, tetapi sekarang jelas diakui. Di Kanada jaminan social untuk pengangguran diadakan oleh amandemen konstitusi pada Tahun 1940. di Amerika Serikat, jaminan nasional untuk pengangguran sekarang benar menjadi umum melalui kombinasi UU federal dan UU Negara.

KEBEBASAN MEMILIKI
Locke dan para pencetus revolusi Perancis dan revolusi Amerika, Bentham, Spencer dan seluruh gerakan kemerdekaan yang terdahulu, yang menyebabkan bahwa kebebasan atas milik atau tanah milik telah membentuk prinsip yang utama. Bukti bahwa teori hokum Katolik benar, demikian pula semua pemikir kalangan ini ialah dicampurnya pekerjaan seseorang dengan tujuan, tatapi ideologi tetap. Tetapi demokrasi modern dengan proses yang sama menyebabkan meningkatnya modifikasi hak-hak individu menjadi kewajiban-kewajiban sosial. Hak untuk penarikan pajak dari Negara, kekuasaan polisinya dan kekuasaan untuk mencabut hak milik adalah contoh pembatasan hak publik.
Tingkatan pengawasan publik atas hak milik privat sangat tergantung dari beratnya keadaan ekonomi. Di Negara-negara yang sedang berkembang seperti India, yang tidak memiliki banyak modal dan sumber-sumber yang dikembangkan dan menjaga baik-baik kedaulatannya yang baru diperoleh, perencanaan oleh Negara dan pengawasan atas sumber-sumber yang vital, dianggap sangat penting. Hal yang masih membolehkan adanya filsafat politik dan ekonomi yang berbeda, tetapi dalam pengakuannya atas control sosial tanah atas tanah hak milik, termasuk sosialisasi sebagai alat yang sah tetapi bukan keharusan, menggambarkan evolusi modern dari gagasan-gagasan tentang demokrasi.

KEBEBASAN BERUSAHA
Problema mengenai penggunaan kebebasan berusaha dengan melanggar prinsi Kant dan Bentham tentang penyesuaian kebebasan-kebebasan individu tidak kurang gawatnyadari koreksi kebebasan formal dalam mengadakan kontrak yang menimbulkan bentuk perbudakan baru, oleh kebebasan positif yang didalilkan oleh T.H. Green. System-sistem totaliter tidak begitu berkaitan dengan monopoli karena mereka mengawasinya dengan ketat, melalui tekanan politik langsung atau tidak langsung. Sebaliknya, demokrasi modern mencoba dengan dua cara yang sangat berbeda memcahkan masalah pemusatan kekuatan ekonomi di tangan swasta.
Penerapan UU Sherman tahun 1890 di Amerika Serikat adalah akibat meluasnya hasutan-hasutan terhadap tumbuhnya konsentrasi industri di Amerika. Klausa-klausa yang banyak dari UU itu, dalam kasus Standard Oil tahun 1911, dibatasinya oleh pengadilan dengan diterimanya kelayakan bagi hakim untuk menguji keabsahan undang-undang tentang pembatasan. Tuntutan-tuntutan yang dilakukan oleh Departemen Kehakiman bertambah banyak. Pengaruh hokum dari kebijakan baru ini cukup besar. Persetujuan-persetujuan untuk mempertahankan harga pada umumnya dianggap tidak sah karena melekat pada penjualan dan pemboikotan oleh kelompok-kelompok.
Pengawasan-pengawasan hokum atas monopoli-monopoli atau pengekangan-pengekangan, memperlambat swasta yang jika tidak demikian akan mencapai proporsi-proporsi yang tak terpikul. Cara lain untuk mengekang penyalahgunaan kekuasaan ekonomi swasta adalah reformasi undang-undang tentang hak paten Inggris dengan UU tahun 1949. cara alternative untuk memberantas penyalahgunaan kekuasaan ekonomi ialah memindahkan industri-industri dasar tertentu menjadi milik Negara dengan badan-badan hokum pemerintah yang dibentuk melalui undang-undang, seperti yang telah dilakukan oleh banyak Negara.

KEBEBASAN ORANG
Kebebasan individu meliputi lebih banyak hak dari kesempurnaan badaniah individu. Cara-cara untuk melindungi kebebasan-kebebasan ini bermacam-macam, tetapi semua demokrasi akan sepakat mengenai suatu minimum yang tak dapat dikurangi, yang dapat mengerti paling baik sebagai kebalikan dari hokum Negara facis dan otoriter. Pergolakan-pergolakan revolusioner pada kurun waktu lima puluh tahun belakangan memaksa demokrasi modern menghadapi problema dalam hal apa toleransi kebebasan berpendapat memberi jalan untuk mempertahankan konstitusi demokrasi terhadap kekuatan-kekuatan yang akan menghapusnya.
Negara-negara domokrasi dapat menindak tiap perbuatan yang melanggar Negara, tetapi harus memperkenankan pengungkapan pendapat-pendapat dalam rangka yang tidak bertentangan dengan undang-undang, betapa tidak polulernya atau tercelanya pendapat-pendapat itu. Semua mahasiswa yang serius dalam masalah kebebasan mengakui bahwa derajat paksaan yang tidak hanya merupakan pembatasan kebebasan individu yang perlu demi kebebasan warga sesamanya, tetapi paksaan oleh Negara adalah syarat yang tak dapat dihidari bagi kebebasan yang benar, yang berbeda dari yang hanya dalam nama saja.
Ada beberapa kebebasan yang lebih fundamental dari yang lain. Aspek-aspek yang lebih fundamental dari kebebasan adalah yang mengungkapkan dan menjamin perkembangan yang paling tinggi dan paling harmonis dari kekuatan-kekuatan seseorang menuju keseluruhan yang utuh dan lengkap.

KESEDERAJATAN
Persamaan dalam hak sebagaimana didalilkan oleh piagam-piagam yang demokratis dan penting, berarti perluasan hak-hak individu dan pada prinsipnya, untuk semua warga, sebagai perbedaan dari minoritas yang diberi hak istimewa. Namun, prinsip tentang persamaan mutlak antara individu-individu dari semua kelas dan semua ras tidak dapat dimengerti dalam pengertian yang kaku. Gagasan-gagasan tentang kebebasan individu dan persamaan individu ada hubungannya satu sama lain dan keduanya harus dimengerti dalam arti yang dinamis, tidak statis.
Cita-cita demokrasi menuntut pengamanan hak, jarang diragukan. Tetapi penggabungan cita-cita liberal dan demokratis dapat dipertentangkan. Gagasan Perancis mengenai persamaan menguasai perkembangan politik Perancis sejak revolusi dan sangat mempengaruhi konstitusi dan prinsip-prinsip hokum Amerika. Walaupun tradisi yang kuat dari pemikiran liberal Inggris, sejak Betham dan Mill sampai Green, Hobhouse dan Barker, menggabungkan prinsip-prinsip liberal dan demkratis, sebuah aliran pemikiran yang penting yang menolak persekutuan.

PEMERINTAHAN RAKYAT
Dari banyak studi mengenai problema-problema dalam pemerintahan dengan perwakilan, muncul tiga gagasan pokok yang menunjukkan jalan keluar bagi persoalannya: yang pertama adalah gagasan tentang perwakilan yang seimbang, yang tokoh utamanya adalah Mill dan banyak liberalis di kemudian hari. Gagasan kedua adalah yang melindungi hak-hak minoritas yang erat berkaitan dengan hak-hak individu yang tak dapat dipindahkan. Sebagian besar dari demokrasi modern memberinya kekuatan hokum dengan meletakkannya dalam konstitusi.
Gagasan yang ketiga adalah perluasan partisipasi individu dalam pemerintahan dari unsure-unsur nasional, yang dizaman modern ini dapat dilakukan hanya secara tidak langsung lewat perwakilan yang dipilih hingga urusan-urusan regional dan local akan menimbulkan lebih banyak kesempatan.

KEBEBASAN, PERENCANAAN DAN KETENTUAN HUKUM
Ketentuan hokum demokratis meliputi, pertama, prinsip persamaan di depan hokum. Ia mengeluarkan otokratis dan totaliter yang di atas nama hak yang berasal dari Tuhan, dari kepemimpinan atas dasar ilham atau dari kekuasaan murni dan biasa, membebaskan individu-individu dan kelompok-kelompok dari hokum Negara. Pengadilan administratig sebagaimana berkembang dalam UU continental sama sekali bukan kata akhir dalam pengadilan yang demokratis. Juga tidak ada bentuk khusu dari pemerintahan konstitusional yang dianggap sebagai satu-satunya perwujudan ketentuan hokum.
Kedua, peletakan patokan-patokan yang pasti sebagai ujian campur tangan pemerintah dengan hak-hak privat dapat diperluas. Ini diterapkan pada patokan-patokan tentang kesehatan, tentang perlindungan pabrik, sama banyaknya dengan penetapan syarat-syarat yang memungkinkan departemen-departemen pemerintah dan pejabat-pejabat pemerintah lain dapat membatalkan kontrak-kontrak.
Ketiga, prinsip ganti rugi yang layak untuk campur tangan yang tidak diketahui sebelumnya dalam kepentingan-kepentingan yang sah, harus diperluas. Hal ini sebenarnya sepenuhnya diterima dalam beberapa UU tentang nasionalisasi di Inggris belakangan ini, yang menetapkan terlebih dahulu secara seimbang pemberian ganti rugi oleh pengadilan-pengadilan administrative yang dalam masalah hokum tunduk pada pengadilan tinggi.
Keempat, banyak kegiatan pemerintah harus diimbangi dengan penghapusan kekebalan pemerintah dan dari kekuasaan-kekuasaan public pada umumnya, dari tanggung jawab hokum yang sesuai dengan tanggung jawab para warga Negara dalam keadaan yang sama. Belakangan perkembangan-perkembangan legislative dalam yuridiksi hokum kebiasaan telah meninggalkan ini, dengan dihapuskannya sebagian besar kekebalan raja dan diberikanya badan-badan hokum pemerintahan tanggung jawab hukum public dan privat.

 53 total views

The Stress Lawyer

Penulis adalah seorang lawyer muda di Jakarta, punya cita-cita menjadi seorang akademi dan terkadang tersesat dalam imajinasi sendiri.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *